Ph.D.s & Money Management (Part 2: Berapa % dari aset Anda yang harus ditaruh?)

Misalkan Anda dihadapkan pada kesempatan investasi sebagai berikut:

  • Bila sukses -> Untung sebesar dana yang ditaruh. W = 1
  • Bila gagal -> Rugi juga sebesar dana yang ditaruh. L = 1
  • Kemungkinan sukses 60%. P = 0.6
  • Kesempatan ini selalu ada, Anda bisa mengulang-ulangnya.

Pertanyaan: Berapa % dari uang Anda yang akan ditaruh di setiap kesempatan ini? Asumsinya nggak ada kesempatan investasi di tempat lain.

Isu:

  • Jika ditaruh terlalu banyak, ada kemungkinan anda kurang beruntung dan uangnya cepat terkuras. Misal Anda taruh 100% dari uang Anda. Ada 40% kemungkinan uang Anda langsung lenyap. Ini bukan kemungkinan yang kecil!!
  • Jika ditaruh terlalu kecil, modal tidak akan tumbuh dengan cepat.

Kelly menjawab pertanyaan tersebut dalam artikel ilmiahnya. Jawabannya simpel: taruhlah

P – (1-P)/(W/L)

dari uang Anda yang tersisa di setiap kesempatan! Untuk kasus kita, taruhlah kira-kira 20% dari jumlah uang yang ada. Dengan menaruh angka ini, Anda akan mengalahkan 95% PhDs yang rugi dalam permainan ini <mungkin mereka gak dikasih waktu buat corat-coret dulu :P>.

Kelly

Gambar di atas mengilustrasikan perkembangan dari $100 bila ditanamkan ke kesempatan ini berkali-kali (453 kali) dan setiap kali permainan ditaruh 20% dari dana yang tersedia. Karena kita berbicara tentang sesuatu yang tidak pasti, saya ilustrasikan 10 kemungkinan path yang bisa ditempuh. Ke-10 paths semuanya cenderung naik ke atas.

Kalau ingin bermain-main dengan simulasi di atas, bisa dicoba di http://www.alwayshedge.com. Di WordPress gak bisa pasang Applet kayaknya.

Pertanyaan tentang seberapa besar uang yang harus ditanamkan adalah satu isu utama yang selalu harus dijawab oleh orang yang berinvestasi, entah apapun itu wujud investasinya. Anda bisa mengira-ngira berapa % kemungkinan sukses, berapa banyak yang akan anda dapat kalau sukses, dan berapa besar rugi yang mungkin didera.

Apalagi yang bisa kita petik dari kasus ini?

  • Jangan berjudi!! Di sini saya mendefinisikan judi sebagai semua kesempatan di mana W*P < (1-P) * L.
  • Jangan hanya melihat kemungkinan untung (P). Jangan hanya melihat seberapa besar kalau untung (W/L) . Lihatlah dua-duanya!
  • Kedua komponen itu adalah inti dari karakteristik sebuah strategi investasi. Apapun caranya, di aset apapun, di pasar manapun => yang penting tanyakan P dan W/L.
  • Seberapa simpelnya suatu strategi, kalau P dan W/L bagus, jangan menutup mata! Seberapa rumitnya suatu strategi (semakin rumit semakin bingung kliennya), kalau P dan W/L jelek, cari kesempatan lain.
  • Kalau kita nggak tahu berapa P dan W/L-nya, jangan ikut-ikutan!!

NB: Yang mau baca artikel Kelly bisa diliat di sini

Pos ini dipublikasikan di MONEY MNGT, Position Sizing, PROSES INVEST.. Tandai permalink.

8 Balasan ke Ph.D.s & Money Management (Part 2: Berapa % dari aset Anda yang harus ditaruh?)

  1. Soetrisno berkata:

    Menarik tulisannya. Saya banyak invest juga di banyak fund salah satunya hedgefund (dalam jumlah yg tidak terlalu besar). Artikel ini bisa kembali mengingatkan bagi setiap orang yang mau menginvest untuk pertama berpikir menekan resiko sekecil mungkin, bukan berpikir mendapatkan keuntungan yang sebesar mungkin.

  2. Bahar berkata:

    Iya bro, peluang dan resiko — dua-duanya mesti dilihat.

    Artikel di atas sangat-sangat menyederhanakan kasus yang mungkin kita hadapi (kemungkinan dari hasil investasi tentunya akan sangat beragam: dari untung besar, untung kecil, rugi, rugi besar, dll). Tapi semoga inti pesannya mudah dipahami.

  3. Nisa berkata:

    Menarik, tapi sekaligus susah memahaminya karena antara kasus dan konklusinya ada ‘jurang’ yang tidak dijembatani. ampe harus diskusi lama sama bang Kwarta (TN4) untuk memahaminya.

    jadi kalau kita bisa mengetahui (atau menetapkan asumsi) atas W, L dan P nya, dengan formula itu kita bisa menentukan berapa uang yang akan kita invest dalam satu instrumen, dan ga bakalan (keciiiiiiiiiiiiiiiiiil sekali kemungkinan) rugi, begitu kan?

  4. Rookie berkata:

    Saya mau tanya , seringkali bagi orang awam atau orang yang pernah rugi main saham mengatakan bahwa saham itu judi. Bagaimana jawaban yang ilmiah untuk mengatakan bahwa sebuah instrument keuangan dikatagorikan, Investasi, Spekulasi atau Judi. Ada definisinya tidak? Oh ya salut buat website-nya saya banyak belajar dari sini..Thanks!

  5. ryad berkata:

    Kalo peluang sukses cuma 50%,
    berdasar rumus diatas jadi ga boleh investasi ya?

    Padahal… masih ada peluang… walau cuma 50%.
    Sayang juga…
    😉

  6. aryahidayat berkata:

    misal ada dana untuk trading 100 juta selama setahun, setiap hari muncul kesempatan yang diindikasi sebagai profitable trade, berdasar rumus kelly, kita hanya boleh trading sebesar 20 juta, jadi ceritanya kita punya 5 koin 20 jutaan nich, kalo terbukti market searah dengan trading kita, let the profit run, atau kalo perlu add position atau cari kesempatan profitable trade yang lain.

    artikelnya Bagus Bahar, jadi reminding seberapa pentingnya disiplin dalam penerapan money management, tapi seringkali gak diterapin juga karena over confident atas suatu indikator, apalagi jika trading sistem itu cukup berhasil selama ini..

    yang ada 100% dana + leverage fully invested di satu instrumen and then HOPING for LUCK

  7. ihedge berkata:

    @Nisa: Bila estimasi tentang W,L,P cukup akurat sehingga kita memiliki trading edge, dan ASALKAN MENERAPKAN MONEY MANAGEMENT POLICY secara konsisten, maka dalam jangka panjang kemungkinan untuk rugi menjadi kecil.

    @arya: betul pak arya, money management merupakan komponen penting yang sering terlupakan. Sebagian besar literature investing atau trading fokus pada securities selection & timing.

  8. Ping balik: Sejarah tentang Uang « Deadmantheory's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s