Beijing Mempermudah Pelanggan Bank Berinvestasi di Luar Cina

Dari berbagai hal yang perlu dilihat, mungkin aliran dana adalah satu hal yang masuk dalam daftar teratas. Di mana air mengalir di situ tumbuhan akan tumbuh dan berkembang.

Di posting ini bagian paling akhir, saya beropini bahwa pergerakan uang di Cina daratan tergantung dari kebijakan pemerintah pusat. Beijing, jumat lalu, mempermudah pelanggan bank-bank di sana untuk berinvestasi di luar Cina.

So apa implikasinya? Sebagian dana akan keluar Cina. Yang lebih penting lagi, sebagian orang di luar Cina akan berpikir kalau dana dari Cina akan masuk ke pasar-pasar dunia dan menambah likuiditas global. Persepsi ini mungkin efeknya lebih besar dari besarnya dana yang keluar dari Cina sendiri.

Hari Senin kemarin (14 Mei 2007), pasar modal di Hong Kong naik 2.5%.

Reality checks:

  • Hanya 7 milyar dollar AS akan diperbolehkan untuk keluar Cina di masa-masa percobaan ini. Sebagai gambaran, kapitalisasi Google saja 143 milyar dollar AS. Jadi bisa kita lihat betapa relatif kecilnya uang itu?
  • Untuk pertama-tama, dana itu baru boleh ditaruh di pasar Hong Kong.
  • Kalau melihat sejarah kebijakan pemerintah Cina, mereka tidak pernah terburu-buru. Mereka hati-hati. Contoh: Pergerakan mata uang Yuan dijaga dengan ketat. Semenjak Cina mengumumkan bahwa negara itu membolehkan Yuan untuk bergerak dalam band tertentu (sebelumnya Yuan di-peg ke dollar AS), justru Ringgit Malaysia yang bergerak lebih cepat (ringgit juga sebelumnya di-peg ke dollar AS). Kelanjutan dari kebijakan pemerintah Cina untuk mempermudah arus investasi keluar mungkin akan membutuhkan waktu bertahun-tahun.
  • Dari segi potensial, potensialnya memang sangat besar. Ada 2 triliun dollar AS tabungan warga China yang mungkin ingin mencari return lebih tinggi di luar negeri. Dari sini keliatan kalau 7 milyar itu relatif sangat kecil.
  • Ada ekpektasi kalau Yuan akan terus menguat, walau pelan-pelan. Maka, mungkin orang-orang Cina daratan juga akan memperhitungkan hal ini sebelum memutuskan untuk mengeluarkan dananya.

So? Kesimpulan: it is a very slow moving… and perhaps glacial move over a very long period to come.

Pos ini dipublikasikan di Market Timing. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s