Options Hanyalah Sebuah Alat

Saya seorng pemula dalam dunia investasi dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai Options. Sekarang ini banyak seminar tentang Options di Indonesia yang menjanjikan keuntungan begitu besar dengan resiko sangat kecil. Pertanyaan saya : Setahu saya dalam dunia investasi mengenal istilah High Risk High Return. Saya merasa ada unsur penipuan dalam seminar-seminar tersebut karena UNSUR RESIKO sama sekali (atau dalam prosi kecil) tidak dibahas. Benarkah hal ini ? adakah ‘Jebakan’ dibalik Options tersebut ?

danuahmad

Mas Danu cukup bijaksana untuk tidak semerta-merta termakan oleh janji-janji kesempatan investasi yang mengobral untung besar dengan resiko yang kecil.

Perlu dipahami bahwa Options dan berbagai instrumen derivatif lainnya hanyalah sebuah alat yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil tindakan yang menurut mereka paling cocok sesuai dengan kebutuhannya. Seperti alat-alat lainnya, options bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat, tapi bisa juga menjadi alat yang bisa mematikan penggunanya.

Kalau ada orang yang mengatakan bahwa berinvestasi di pasar options memungkinkan kita untuk memperoleh untung berlipat-lipat dan resiko yang kecil, anggap saja angin lalu. Kalau Anda melihat ada orang yang sukses bermain options, ada 2 kemungkinan: a). dia beruntung, b). dia memang punya skills. Kalau kasusnya adalah b), maka skills-nya dalam menganalisa pasar & mengatur posisinya lah yang membuat dia sukses di pasar options, BUKAN karena options-nya sendiri. Orang ini tahu bagaimana menggunakan options untuk mengimplementasikan ide-ide-nya tentang bagaimana pasar bekerja.

Dalam pasar yang tidak dimanipulasi, nilai options adalah wajar atau netral. Options tidak dijual dengan harga yang terlalu murah sehingga akan memberikan untung berlipat-lipat atau terlalu mahal sehingga akan selalu merugikan pembelinya.

Seperti instrumen derivatif lainnya, options is a zero sum game. Rp 1 juta yang Anda dapat di akhir kontrak jika Anda benar, berasal dari penjual kontrak. Ini berbeda dengan saham, dimana perdagangan saham is not a zero sum game. Dalam berinvestasi di saham, ada aliran dana lain yang masuk ke pemilik saham, yaitu dari pendapatan perusahaan. Oleh karenanya, kalau kita jumlah dari berbagai pemilik saham, total nilai saham cenderung naik setiap tahun. Lain halnya dengan options, kalau kita jumlah nilainya dari berbagai peserta kontrak, total nilai options adalah selalu NOL. Kalau kita memperhitungkan biaya transaksi yang biasanya cukup besar di pasar options, maka options is a negative sum game. Jumlah uang kedua pihak di akhir kontrak lebih sedikit dari jumlah uang kedua pihak di awal kontrak karena sebagian masuk broker.

Sebelum kita bisa menggunakan suatu alat dengan baik, kita harus tau dulu sifat-sifatnya. Apa sifat-sifat options? Paling tidak kita harus tahu apa yang menggerakan harga options. Harga options sensitif terhadap berbagai hal yang disebut the Greeks (Delta, Gamma, Theta, Rho, dll) . Apa itu the Greeks? Kita bahas nanti kalau ada waktu.

Pembawa seminar berkata: “Kami punya berbagai strategi rahasia mengkombinasikan berbagai options menjadi strategi seperti Bull Call Spread, Collar, Straddle, Strangle, dll. Untuk lebih jelasnya datang ke seminar berikutnya. Investasikan uang Anda untuk pendidikan!” Well, kalau strategi-nya begitu powerful, mereka nggak akan buka seminar tapi sedang liburan di Hawaii. Apa yang dikatakan pembawa seminar ini, tak lain adalah berbagai cara untuk mengimplementasikan suatu ide. Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab: “Ide apa yang saya punya?. Apa yang saya tahu tentang cara kerja pasar”. Baru Anda berpikir bagaimana mengimplementasikan ide-ide itu. Memakai options atau tidak, tidak penting.

Saya tidak anti investasi di options. Buat saya, options adalah sebuah alat. Itu saja. Dan sebagai suatu alat yang bermanfaat, saya berharap pasar options di Indonesia bisa berkembang sehingga tidak mudah dimanipulasi dan biaya transaksi mengecil sehingga orang-orang yang membutuhkan options bisa mendapatkannya dengan mudah.

Istilah “high risks high returns”, menurut saya, perlu diubah begini: “High returns opportunities are commonly found in high risks environment. Exposing yourself to high risks does not guarantee high returns“.

Pos ini dipublikasikan di DERIVATIF, Options. Tandai permalink.

12 Balasan ke Options Hanyalah Sebuah Alat

  1. herman berkata:

    Saya juga hanya calon play the market.
    Apakah Resi Gudang termasuk Option ?. Dan Option di Indonesia ini menganut Option Eropa atau Amerika ?

  2. edratna berkata:

    Iya memang, alat secanggih apapun, semua tergantung siapa yang menggunakan.

    Untuk membuat pasar option berkembang, perlu pendidikan (di Indonesia di mana ya), agar siapapun yang bertransaksi telah memahami risiko-riskonya, tak hanya sekadar bermimpi pasti untung.

  3. Bahar berkata:

    @Herman: Resi gudang, sepanjang yang saya tahu kan surat kepemilikan atas suatu barang di gudang. Jadi ya bukan suatu bentuk Options. Yang di Indonesia, warrant yang dijual menganut American type.
    Sebagai info buat yang belum tahu: Options bisa dilihat dari 2 tipe: American Options & European Options. Bedanya adalah kalau European Options cuma bisa di-exercise di akhir kontrak, sedangkan American Options bisa di-exercise kapan saja sebelum kontrak habis waktunya.
    @Bu Endratna: Yup.🙂

  4. Ping balik: Mengenal Hedge Funds Perlukah mengikuti seminar Options? «

  5. bonky berkata:

    info detailnya?

  6. Gilang berkata:

    Salam kenal blog nya informatif sekali, kebetulan saya juga lagi belajar options, ada hal yang saya tidak mengerti tentang “put-call parity” itu maksudnya bagaimana ya? trus manfaat atau penggunaannya apa dalam trading? thanks atas info nya.

  7. Hasan Halim berkata:

    Investasi stock OPTIONS belakangan ini sangat marak di Indonesia, dengan seminar-seminar di berbagai kota besar seperti Abraham Lembang, Peter Sufandri, Mega Options, Clemen Chiang dan Miriam McWilliams. Harga seminar tersebut biasanya berkisar antara 8 – 18 juta an. Bahkan yang diadakan Miriam terakhir mencapai 30 juta an.

    OPTIONS memang sangat bagus sebagai instrumen untuk meng-leverage uang kita. Namun tidak gampang dan sangat banyak strategi yang harus dipelajari, berbeda dengan saham yang sangat mudah hanya dengan BELI rendah dan JUAL tinggi.

    Website yang sangat bagus untuk mempelajari OPTIONS di http://www.cobaoptions.co.nr, di sini ada tersedia video dalam bahasa Indonesia yang dirangkum dari hasil workshop dengan pembicara-pembicara OPTIONS yang terkenal seperti diatas, dengan harga yang jauh lebih murah dari workshop yang hanya diadakan 3 hari.

    Selamat mencoba!

  8. AYUNG berkata:

    Options adalah investasi yang perlu lita pelajari lebih dalam lagi karena ilmu Options sangat dalam.
    Oleh sebab itu kalau mau serius utk investasi di Options kita harus ikut workshop-nya utk memperdalam ilmu Options tsb.
    Masalahnya adalah workshop yg mana yg betul-betul mengajarkan ilmu options yang sesungguhnya.

  9. hidayat berkata:

    Kalau bpk mencari training options murah saya adakan .
    perkenalkan saya ,hidayat, sudah kenyang mengalami kerugian tapi juga happy dengan profit segudang apalagi saat saham hancur lebur,kok saya malah untung?
    Gak mahal training options ,ikut saya saja. Dan satu hal saya bukan dukun…saya sekarang mengandalkan analisa plubisher USA …saya ikuti perintah bulanannya ..saya trading untung deh…klau mau ikut silahkan kunjungi web site saya atau http://www.uanggampang.blog.com

  10. Rudi berkata:

    Dapatkan RAHASIA TRADING OPTIONS bersama MASTER OPTIONS DUNIA… anda akan dibimbing stepp by stepp dari basic sampai advanced.. anda akan menonton langsung bagaimana mereka melakukan trading..

    Inilah hasil tradingnya —>> Klik nama saya

  11. sejarah islam berkata:

    setuju sekali dengan opini diatas….

  12. I have been reading your blog Options Hanyalah Sebuah Alat | Skeptical Empiricist and they are pretty useful for me to learn something new and special. And You can also view our website also best online investment website http://hyipreward.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s