The Greeks: Yang mempengaruhi nilai Options

Sebelum membaca artikel ini, mungkin lebih baik untuk membaca dulu artikel pengenalan ini dan ini.

Options merupakan suatu alat investasi yang cukup versatile, ia memungkinkan kita untuk mengambil berbagai macam posisi dan resiko sesuai dengan yang kita inginkan. Saya tekankan lagi, options hanyalah alat. Bagaimana kita menentukan options saham mana yang akan dibeli, posisi apa yang ingin diambil, dan resiko apa yang ingin diambil tergantung dari riset kita sendiri.

Ada 2 variabel utama dalam kendali kita yang harus kita tentukan ketika ingin membeli options: Strike Price dan maturity (masa jatuh tempo). Pilihan terhadap 2 variabel ini memiliki konsekuensi tertentu. Artikel ini mencoba menggambarkan dengan singkat konsekuensi tersebut.

Sebagai studi kasus, saya ambil contoh Call Options dari saham Aple (AAPL) pada hari Jumat 27 Juli 2007. Harga sahamnya sendiri pada penutupan hari itu adalah $143.85

Theta. Theta adalah jargon yang dipakai untuk mengukur susutnya nilai options seiring waktu, dengan asumsi semua hal lain tidak berubah (harga saham tetap, dsb). Yup, nilai options Anda akan terkikis setiap hari!

Semakin pendek masa maturity-nya, semakin cepat pula nilai dari options Anda terkikis.

Pengikisan call options saham Apple terjadi sebesar 3.7% per hari bila hanya 10 hari ke maturity atau 1% per hari bila masih 150 hari.

Angka di atas terjadi bila strike price yang dipilih adalah $145. Selain maturity, strike price juga sangat berpengaruh terhadap theta.

Delta. Delta mengukur besarnya perubahan harga options untuk setiap 1$ perubahan harga saham, dengan asumsi semua hal lain tidak berubah (volatilitas saham tetap, dsb).

Semakin kecil Strike price, semakin besar perubahan harga options.

Ketika Strike price dekat dengan harga saham sekarang ($143.85), delta mendekati nilai 0.5, artinya bila saham naik $1 maka options naik 0.5$.

Ketika strike price terlalu tinggi dari harga saham sekarang, maka nilai options tidak akan berubah banyak dari segi $. Tetapi kalau dilihat dari segi persentase nilai options itu sendiri tentunya menjadi besar juga.

Vega. Vega mengukur besarnya perubahan options untuk setiap bertambahnya volatilitas harga saham, dengan asumsi semua hal lain tidak berubah (harga saham tetap, dsb).

Options memungkinkan kita untuk bermain volatilitas, bukan hanya pergerakan arah! Bila tiba-tiba harga saham bergejolak, maka nilai options akan naik juga walaupun harga tetap. Demikian juga sebaliknya.

Kenaikan tertinggi terjadi pada options dengan strike price mendekati harga saham sekarang.

Theta, selain terpengaruh kuat oleh maturity seperti dijelaskan di atas, juga tergantung pada strike price.

Semakin kecil strike price-nya, maka penyusutan semakin kecil juga.

Masih banyak komponen dari the Greeks yang tidak dibahas di sini. Beberapa yang dibahas di sini adalah yang saya rasa cukup penting.

Pos ini dipublikasikan di DERIVATIF, Options. Tandai permalink.

7 Balasan ke The Greeks: Yang mempengaruhi nilai Options

  1. edratna berkata:

    Good post
    Thanks, untuk mengingatkan kembali, tanpa harus buka2 buku lagi.

  2. Poltak Hotradero berkata:

    sudah pernah bisa membuat posisi “delta neutral” dalam ukuran besar?

    dari beberapa literature yang saya baca – delta neutral terasa seperti “holy grail”-nya manajemen portfolio.

  3. aribowo berkata:

    duh gak ngerti

  4. Poltak Hotradero berkata:

    Buku Traders, Guns & Money yang ditulis oleh Satyajid Das – menggambarkan tentang Greeks yang disebut di atas – dengan cukup jelas dan gampang dicerna – disertai juga berbagai illustrasi dalam perjalanan karirnya.

  5. ihedge berkata:

    @Poltak Hotradero: maksudnya “beta neutral” (= “market neutral”)? Bisa sih, tapi kadang-kadang kenetralan portfolio tidak akan betul-betul netral terutama pada saat-saat market extremes seperti crash, dsb. Kalau “delta neutral”, bisa juga per posisi, asal “gamma”-nya tidak terlalu besar.

    @aribowo: mungkin mesti mengenal apa itu options dulu. buku rekomendasi bung Poltak juga mungkin bisa membantu (walaupun saya belum membacanya). Makasih bung Poltak atas infonya.

  6. papabonbon berkata:

    wah, emang butuh baca nih. gak ngerti je ..😀

  7. Ping balik: Pengaruh Naiknya Volatilitas Terhadap the Greeks. « Skeptical Empiricist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s