Survey Pembaca

Konon, komunikator yang baik adalah ia yang bisa menempatkan dirinya di sepatu pembaca. Kalau tulisannya terlalu sepele, membacanya jadi buang-buang waktu. Kalau terlalu asing, malah pesannya tidak sampai. Akhir-akhir ini, saya merasa tulisan di sini cenderung lebih asing.

Baru beberapa rekan yang sering berkontribusi dan berkomentar di sini, seperti Bu Edratna, Bung Poltak, RVer, Arya, dll. Mereka semua expert di bidangnya masing-masing. Dengan membaca komentar mereka, kita belajar hal baru. Di lain pihak, karena feedback yang datang dari yang expert-expert, maka saya juga merasa tidak pantas kalau menulis yang terlalu sepele.

So, ini kesempatan saya buat mengetahui secara lebih komprehensif profil Anda! Yang perlu saya tahu (tinggal pilih A atau B, dsb):

1. Sedang membaca artikel ini karena (A) nyasar atau (B) tidak nyasar – rutin.

2. Membaca tulisan dan komentar di sini membuat (A) pusing atau (B) tidak pusing.

3. (A) Belum pernah trading di pasar modal atau (B) sudah pernah.

4. Kalau jawaban no. 3 adalah (B), trading di aset apa? (A) Saham Jakarta, (B) Saham Internasional, (C) Forex, (D) Bonds, dll.

Walaupun begitu… karena ini blog saya, maka menulisnya juga kadang-kadang berdasarkan mood.

Pos ini dipublikasikan di TANYA KEMBALI. Tandai permalink.

25 Balasan ke Survey Pembaca

  1. ann berkata:

    1. tidak nyasar (tahu dr temen)
    2. ga pusing (walau agak berat, tp dapat ilmu)
    3. pernah
    4. saham indo

    nice blog though. I really enjoy reading it🙂
    great job!

  2. yusuf berkata:

    1. nyasar (mungkin 2 bln lalu)
    2. lumayan pusing, kadang bahasanya agak rumit
    3. belum pernah

    overall, gw suka cara loe menuangkan’ thoughts n ideas’..kebetulan saat ini gw lagi ngambil jurusan ekonomi, so buka blog ini ud jadi rutinitas bagi gw buat nambah elmu.

    keep on writing …salam kenal

  3. edratna berkata:

    Ihedge,
    Blogmu termasuk wajib baca bagi saya, karena bidangmu berbeda dengan saya walau bersinggungan. Justru saya banyak mendapatkan aplikasinya (dari yang dipelajari saat kuliah) di sini. Dan bukankah pasar modal, merupakan salah satu alternative pendanaan bagi korporasi selain pinjaman dari Bank? Dan juga merupakan pengalokasian dana dari investor, di kala bunga simpanan di Bank rendah?

    Ada pesan saya…jangan hanya melihat sedikit banyaknya komentar. Yang komentar di blog ini tak banyak, tapi yang nge hit banyak sekali, berarti banyak pembaca diam, namun setiap hari mencoba memahami apa yang disampaikan Bahar.

    Saya juga menganalisis pembaca di blog saya, tulisan teratas ternyata tak berkaitan dengan banyaknya komentar. Kadang yang komentarnya banyak, di statistik blog malah bukan yang teratas pembacanya. Dari sini saya belajar, bahwa banyak pembaca sebetulnya ingin memahami apa yang kita tulis, dan tujuan saya menulis adalah keinginan berbagi pengalaman dengan sesama.

  4. alle berkata:

    n0. 1 – 4 jawaban B
    asik juga ada multiple choise nya..
    thank’s ya… bung ihedge..

  5. RVer berkata:

    bro, ur blog is so cool. keep up the good work.

    gw kebetulan lagi cuti di kantor dan bisa visit ur blog frequently. kalo udah ngantor nanti, mudah2an masih bisa nengok juga.

    pertama kali nemuin ur blog..gimana yah..gw ampir lupa. kalo ngga salah nih…gw lagi coba nyari HF di indonesia. gw tulis HF indonesia di google. jadi sebenarnya dari nyasar-rutin-belum tau (nanti kalau udah masuk kerja)

    isinya manteb duooonk…dapet ilmu, mendalaminya dan mudah2 bisa melaksanakannya di dunia silat. pusing sih ngga, cuman buat gw mikir aja. which is good donk…

    trading di pasar modal. untuk pribadi jarang untung, untuk orang lain alhamdulliah bisa membantu mereka yang perlu alpha/yield enhancement atapun mitigate risk.

    asset class .. i think i have said it somewhere..

    btw, kita bisa liat ngga sih udah kasih komen apa aja?

  6. psb berkata:

    1.B (tau dari aan)😀
    2.B
    3.B
    4.A

  7. anisa berkata:

    semua jawaban saya B, kalo boleh saran agar nulisnya rutin-shg saya setiap hari bisa rajin tengok. Saya dengar dari pakar banking USA bukan hanya masalah Subprime-namun ada masalah lain shg NPL tinggi

  8. Femi berkata:

    1. B
    2. B
    3. B
    4. C

  9. ihedge berkata:

    @Bu Edratna: Yah, sepertinya memang ada beberapa pembaca diam.

    @RVer: We’ll be missing your comments.🙂 Gw sih bisa lihat dari halaman administrator. Dah ada 36 constructive comments of yours. Kalau dari luar, paling search di google “site:ihedge.wordpress.com RVer”

    @anisa: i wish i had more than 24 hours a day.

    Btw, dari berbagai feedback yang masuk, sepertinya memang gak cocok buat nulis yang sepele2. Mungkin lebih cocok buat ajang tukar pikiran yah.

  10. kawansyam berkata:

    saya nyasar😀
    sumpah!😀

  11. edratna berkata:

    Kalau lagi bosan boleh kok nulis yang sepele-sepele, dan akan tetap saya baca. Blogku juga asal aja, kadang pengin “agak” serius, kadang cerita lucu, dan juga pengalaman jalan-jalan (tentu dari kacamata saya).

    Tulisan serius membutuhkan waktu yang agak lama, dan dibaca dulu berulang-ulang…dan yang sulit adalah bagaimana membuat tulisan serius tsb enak dibaca dan terasa ringan.

    Tetap menulis ya….

  12. Arya Hidayat berkata:

    1. B
    tahu dari milis OB waktu itu lagi banyak pegang saham tins, jadi seneng juga lihat chart timah disini dan gak sempet rugi waktu harga timah mau jatuh kemaren, thank’s..

    2. B
    kadang2 aku print dulu dan aku baca di rumah tulisan2 mu Bahar, sejak baca blog-mu aku jadi semangat belajar, termotivasi untuk baca buku mengingat lokasiku agak jauh dari dunia intelektual yg advance, tetap semangat !!

    3. B

    4. A/C, fx sudah gak aktif lagi, may be someday when i trade for a living, hope..

  13. arya berkata:

    1. tidak nyasar
    2. tidak pusing
    3. tidak pernah

  14. sayasaja berkata:

    Bahar, saya mungkin gak pernah comment. Karena belum punya kapasitas untuk diskusi, baru pada tahap belajar dan memahami.
    Seru banget kalo kamu diskusi sama pak poltak, bu edratna, Rver dll.
    Blog mu ini gudang ilmu. Thanks ya. .

  15. Rudy H berkata:

    salam kenal,
    jawabannya B,B, A (tapi pernah namun tidak secara langsung)
    Blognya bagus kok.
    Nambah banyak ilmu. kebetulan saya juga kerja di Bank, bagian risk management
    oh ya, terima kasih banyak ya. atas ilmunya.

    Best Regard
    Rudy
    Jakarta

  16. Suwondo berkata:

    1. tidak nyasar
    2. kadang pusing
    3. belum pernah

    asik dah blog-nya

  17. nindityo berkata:

    1. B-Tidak Nyasar
    2. B-Tidak pusing
    3. A-Belum pernah
    4. –

  18. Bima berkata:

    1. A
    2. B
    3. B
    4. A

    Aku baru tau blog ini 2 hari, pas search computer ready news feed,
    sangat informatif…
    salam kenal ya…

  19. Doddi Priyambodo berkata:

    Saya pembaca rutin bro, dari RSS lewat Google Reader.
    1. B (tidak nyasar yang pasti)
    2. B (insya Allah nggak pusing)
    3. Aktif Reksadana
    4. Aktif Reksadana
    Saya sedang mencoba belajar untuk trading sendiri di pasar modal. Saya sangat tertarik untuk terjun langsung, harus belajar dulu (salah satunya via web ini).
    Keep on writing bro. Nice Blog…

  20. Jessti berkata:

    1. Saia dapet info tentang blog ini dari wardhana (TN11), gara2 subprime mortgage.
    Dan beruntungnya saia, abang bahas masalah ini secara komprehensif dan mudah dipahami.
    Meskipun ga sering, tapi disela2 jam kerja saia suka buka blog ini..

    2. Karena mudah dipahami, jadi ga terasa pusing..

    3.Belum pernah, sekarang ngumpulin ilmu dulu..=)

  21. Ria berkata:

    1. Awalnya nyasar.. Tapi lama-lama jadi suka🙂
    2. kadang-kadang pusing juga. Tapi menurut saya, secara umum bahasa yang Bapak pergunakan cukup mudah.
    3. Belum pernah.

  22. Rookie berkata:

    1. Pembaca rutin, dan terus menunggu tulisan terbaru dari mas Bahar.

    2. Bahasanya cukup sederhana buat saya, kalo ada yang gak ngerti saya cari di http://www.investopedia.com atau pura-pura ngerti…

    3. Saya equity sales di salah satu sekuritas.

    terus nulis ya mas..saya tunggu..Thanks!

  23. d_haris berkata:

    1. Awalnya nyasar…trus… keterusan🙂
    2. A- (terkadang agak pusing)….gak juga dink
    3. Pernah Trading
    4. Bond

    Saya senang buka blog-nya Bahar sebab selain uraiannya mudah dicerna, komentar2nya juga bermutu dan gak asal ngecap🙂 sehingga makin memperluas wawasan
    Pak Poltak misalnya, beliau kan analist di relife securities. So…maju terus ihedge

  24. d_haris berkata:

    maaf koreksi, pak Poltak bukan relife tapi Recapital Securities. Maaf ya pak Poltak🙂

  25. Heru berkata:

    1. B, mesti awalnya nyasar tp jadi rutin baca
    2. B, kadang-kadang pusing tp bikin horny & adrenalin naik
    3. B, pernah; portofolio pribadi (meski ada yg pinjam account temen) n portofolio kantor
    4. A, Saham Jakarta (pinjem account temen)
    C, Forex (kerjaan kantor)
    D, Bonds (kerjaan kantor juga)

    Blog-nya menarik, cocok buat saya yg otodidak n suka masuk hutan belantara🙂

Tinggalkan Balasan

