Hedge Funds & Ekonomi

Saya ingin bertanya mengenai hedge funds karena masih awam tentang hal ini. Pertanyaan saya adalah apakah hedge funds itu baik untuk ekonomi suatu negara atau ekonomi dunia secara keseluruhan? Saya melihat sisi positif dari keberadaan hedge funds adalah membantu meningkatkan efisiensi karena menghilangkan mispricing di pasar, disamping memperkaya investors dan fund managers-nya tentunya. Tp koq sepertinya ada hal2 negatif yg muncul dari keberadaannya, misalnya bubbles di real estates dan, kemungkinan, di komoditas. Mungkin bukan sepenuhnya salah hedge funds, tp nature-nya yg sangat spekulatif dan ditambah dengan leverage yg umumnya berlipat ganda, sepertinya hedge funds turut berperan menciptakan bubbles tersebut. Masalahnya dampak dari bubbles tersebut dirasakan oleh banyak orang. Kembali ke pertanyaan saya, apakah keberadaan hedge funds membantu meningkatkan GDP (i.e. kemakmuran) suatu negara? Akankah lebih baik jika dana kelolaan yg sangat besar tersebut diinvestasikan ke real sectors sehingga bs membantu perekonomian? Mas Natsir

Beberapa fakta yang perlu saya luruskan dulu:

  • Nature hedge fund tidak selalu spekulatif. Komunitas hedge funds sangat heterogen, dari mereka yang mencari directional bets (seperti global macro funds) maka spekulatif sampai yang mencari dan menghilangkan mispricings (seperti arbitrage funds) maka tidak spekulatif. Saya rasa hedge funds yang spekulatif tidak lebih besar daripada yang tidak spekulatif.
  • Tidak semua hedge funds menerapkan leverage. Yang sering kita lihat di media adalah hedge funds yang leverage-nya besar dan salah sehingga mesti gulung tikar dan masuk koran.
  • Dana yang dikelola hedge funds secara keseluruhan jauuh lebih kecil dibanding dana yang dikelola institusi keuangan lainnya seperti dana pensiunan, dana asuransi, reksadana, ataupun dana investasi nasional (sovereign wealth fund).

Apakah keberadaan hedge funds membantu meningkatkan GDP (i.e. kemakmuran) suatu negara? Jujur ini pertanyaan yang sulit dijawab. Saya sendiri belum pernah membaca suatu makalah ilmiah yang meneliti dan mengisolasi efek keberadaan hedge fund terhadap GDP. Apalagi saya bukan seorang ekonom.

Saya termasuk orang yang percaya dengan keunggulan sistem pasar yang kompetitif. Oleh karena itu, saya juga percaya bahwa free trade dan globalisasi secara ekonomi akan lebih baik dalam jangka panjang untuk meningkatkan perekonomian semua negara.

Proses globalisasi sistem perdangangan harus diikuti dengan globalisasi sistem keuangan karena sistem keuangan adalah pelicin perdagangan. Sistem keuangan global yang efektif adalah sistem yang menyalurkan dana simpanan dunia untuk membiayai investasi yang akan memproduksi barang ataupun jasa se-efisien mungkin. Peran hedege funds adalah mendorong efisiensi pasar keuangan dunia.

Berbagai strategi hedge funds turut berperan serta dalam menghilangkan inenfisiensi pasar modal sebagai bagian dari sistem keuangan. Bahkan hedge funds telah menjadi pemain yang penting dalam pasar modal dunia disamping pemain-pemain lain seperti mutual funds, perusahaan asuransi, dana pensiunan, dan juga pemain retail. Porsi signifikan dari perdagangan di pasar saham New York disinyalir berasal dari hedge funds. Mereka juga menjadi pemain aktif di pasar yang tanpa mereka mungkin tidak berjalan. Bagaimana dengan dana yang relatif kecil tetapi cukup berpengaruh di pasar? Karena sebagian hedge funds bertransaksi dalam jangka pendek.

Apakah hedge funds menyebabkan krisis ekonomi (seperti tahun 97an di Asia)? Kebanyakan krisis terjadi akibat adanya ke-tidak-seimbangan suatu ekonomi. Ketidakseimbangan tersebut dalam jangka panjang akan mengurangi potensi pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Biasanya, praktisi pasar modal (di mana hedge funds salah satunya) adalah kelompok orang yang paling pertama untuk menemukan ketidakseimbangan tersebut.

Hal ini terjadi karena ada potensi keuntungan yang bisa didapat dalam proses mengembalikan ketidakseimbangan tersebut. Sayangnya, proses ini bisa menyakitkan walaupun perlu. Seperti minum obat pahit supaya badan bisa sehat kembali.

Pos ini dipublikasikan di HEDGE FUNDS. Tandai permalink.

17 Balasan ke Hedge Funds & Ekonomi

  1. infoGue berkata:

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/hedge_funds_ekonomi/

  2. ihedge berkata:

    makasih buat info nya. tapi saya ada masalah sewaktu coba install plugin-nya.

    ada step by step instruction guide?😀

  3. edratna berkata:

    Dana yang dikelola oleh Dana Pensiun (disingkat DP) memang cukup besar, makanya Depkeu juga terus melakukan perbaikan peraturan (untuk bisa mengikuti baca di http://www.bapepamlk.depkeu.go.id).

    Jika seseorang mengelola DP, selain diinvestasikan dalam bentuk simpanan di Bank (sayang bunganya kecil) yang risikonya rendah, banyak yang diinvestasikan dalam bentuk aktiva yang menghasilkan, seperti: Perusahaan asuransi (jiwa, kerugian, kredit etc), perusahaan pembiayaan, hotel dll….yang sekaligus merupakan captive market dari perusahaan yang mempunyai afiliasi dengan DP tadi. Dan sisanya….tentu masuk ke pasar keuangan (pasar saham, obligasi dll)….Pengelola DP harus meramu pengelolaan keuangannya, menjamin dan yakin bahwa dana yang dikelolanya akan menghasilkan keuntungan, untuk menjamin pembayaran gaji pensiunan.

    Bahar, saya ada pertanyaan…apakah dana dari DP dsb nya, jika masuk ke pasar keuangan juga bisa melalui Hedge Fund ? Saya kok jadi “agak blur ” disini. Manager investasi, sebagai perantara pembelian saham perusahaan, termasuk dalam struktur organisasi Hedge Fund? (maaf nih OOT)

  4. ihedge berkata:

    Bisa masuk ke hedge fund, Bu. Tapi mungkin regulasi di Indonesia belum memungkinkan (hal ini saya kurang tahu).

    Di AS, berbagai dana pensiunan publik maupun swasta mulai menambah alokasi mereka ke hedge funds. Meskipun sebagai persentase aset bisa dibilang relatif kecil, namun proporsinya naik cukup signifikan.

    Manajer investasi termasuk dalam struktur organisasi hedge fund.

    Dalam hedge fund, peran manajer investasi bukan hanya sebagai perantara pembelian saham ataupun aset-aset lainnya akan tetapi juga sebagai pengambil keputusan tentang aset-aset apa yang akan dibeli maupun dijual setiap saat.

    Hedge fund termasuk tipe investor yang aktif, tidak seperti reksadana yang cenderung pasif.

  5. Natsir berkata:

    Terima kasih atas jawaban dan klarifikasinya, Mas. Jika boleh, saya ada beberapa pertanyaan lanjutan.

    Pertama, apakah hedge funds berinvestasi pada illiquid assets? Dan apakah jumlah investasinya signifikan? Sebab, jika tidak, klaim bahwa hedge funds meningkatkan likuiditas di pasar mungkin perlu dikaji lebih dalam. Jika investasinya hanya pada liquid assets atau liquid markets (e.g. NYSE), rasanya likuiditas yg diberikan oleh perusahaan2 keuangan besar sudah cukup. Walaupun likuiditas bertambah, manfaatnya dari tambahan ini terbatas. Ibarat law of diminishing return. Kecuali, jika ada bukti bahwa dengan keberadaan hedge funds, bid-ask spread menjadi lebih kecil. Lebih lanjut, ketika pasar kekurangan likuiditas, seperti saat ini, agaknya hedge funds tidak mampu memberikan likuiditas yg dibutuhkan (i.e. sama saja dengan perusahaan keuangan lainnya).

    Kedua, apakah sekarang ini hedge funds melakukan investasi dalam jumlah besar pada komoditas, terutama minyak? Yg menyebabkan saya bertanya2 adalah, dengan supply dan demand yg relatif stabil, mengapa harga minyak dunia naik terus? Jika memang hedge funds berperan mendorong kenaikan harga minyak dunia, berarti mereka justru membawa kita ke kondisi disequilibrium. Kondisi ini diperparah dengan adanya herding behavior (i.e. following the trend) di kalangan investors. Masalahnya, dampak dari kenaikan harga minyak dirasakan oleh masyarakat umum.

    Terus terang, sementara ini, saya menganggap keberadaan hedge funds (i.e. speculative hedge funds) justru menambah ketidakstabilan di pasar. Berbeda dengan hedge funds, perusahaan2 keuangan lain mungkin akan berpikir dua kali jika akan melakukan speculative attack terhadap suatu negara karena akan merusak hubungannya dengan negara tersebut sebab bisnis utamanya adalah membantu bisnis klien2nya, bukan hanya taking positions. Lebih lanjut, perusahaan2 itu juga tidak seaktif hedge funds dalam merubah posisinya.

    Sama dengan Mas Bahar, saya setuju dengan free market dan globalisasi ekonomi. Namun saya mendapat kesan bahwa negara2 maju menggunakan konsep ini secara parsial, yaitu hanya untuk hal2 yg menguntungkan mereka. Buktinya subsidi agriculture yg masih mereka terapkan sampai saat ini.

    Anyway, kembali ke hedge funds, saya hanya mencoba menginventarisir manfaat dan kerugian dari kehadiran mereka. Saya mungkin bias dan tidak akurat dalam menganalisis masalah, krn tidak berkecimpung langsung di dunia hedge funds dan hanya mendapatkan informasi dari media. Oleh karena itu saya mohon pencerahan dari ahlinya. Terima kasih sekali lagi. Maaf jika komentar saya panjang.

  6. Poltak Hotradero berkata:

    Bubble sudah ada sejak dulu. Mulai dari Tulipmania, South Sea Bubble, dll.

    Jadi bubble sudah ada jauh sebelum hedge fund ada, sehingga kalau dikatakan hedge fund berkontribusi pada terciptanya bubble – tentunya menjadi tidak tepat dan ahistoris.

    Asset seluruh Hedge Fund saat ini diperkirakan cuma sekitar USD 3 Trilyun, itupun tersebar atas ribuan hedge fund dengan berbagai strategi dan arah trading yang bisa saling berlawanan.

    Bandingkan dengan asset dana pensiun, asuransi, dan mutual fund global yang diperkirakan masing-masing di atas USD 20 Trilyun.

  7. paunx berkata:

    Regulasi Dana Pensiun Indonesia setau saya belum memungkinkan masuk ke hedge fund.
    Selain itu Investasinya dibatasi hanya di dalam negeri. Instrumen pasar modal yang boleh dibeli juga sangat terbatas: saham, unit penyertaan reksa dana, dan obligasi.
    Transaksi derivatif dilarang kecuali jika instrumen derivatif tsb melekat pada saham atau obligasi yang diperdagangkan di BEI.

  8. RVer berkata:

    HFs banyak orang pinter with big guts and lucks. trader kakap di bank-bank gede pada buat HFs sendiri. mereka juga narik high calibre analysts dari bulge bracket houses yang call2-nya disanjung market. mereka mau keep for themself.

    kelebihan HFs itu sebenarnya kemampuan leverage dia. modal kecil tapi bisa invest super large. biasanya melalui swap sih, apalagi kalo di rates and fx markets.

    harga minyak itu sangat menarik. ngga terlalu ngerti marketnya cuman yang pasti oil is fungible: a commodity that is freely interchangeable with another in satisfying an obligation.

    DP di indonesia ngga boleh invest di derivatives. kan ada larangan 13 investasi yang tidak diperbolehkan and salah satunya derivatives itu.

  9. Forum Investor berkata:

    Saya setuju bahwa hedge fund bukanlah penyebab utama krisis ekonomi, semua pihak turut berperan dalam krisis ekonomi.

  10. ep berkata:

    Very nice Blog. Saya akan rutin mampir kesini.
    Soal bubble, bisa dibaca diblog saya.
    Salam Indonesia.

  11. James berkata:

    Mr. iHedge, saya sudah nemuin sites ini dari beberapa bulan yg lalu, tp ini baru post saya yg pertama.

    Saya ada 1 pertanyaan, bagaimana kita menentukan value suatu perusahaan? yang saya lihat value market tidak mencerminkan value sesungguhnya saham itu.

    Thx

    JP

  12. aditya berkata:

    Nice blog mas.
    Agak lepas dari masalah hedge Fund. nih mas.

    Saya sedang belajar tentang metode hedging untuk commodites.

    Metode apa yang anda sarankan ??

    thks

  13. cuwid berkata:

    well, artikel nya banyak yang menarik, saya nemuin blog anda di google.

    btw postingan terakhir April 11, 2008 yah, udah agak lama sih.

    kita tungguin loh posting posting berikutnya. trims.

  14. Klirong berkata:

    Mas wong Klirong, numpang nanya nih..

    1. Ada ngga pasar derivatif yang menyediakan hedging bukan untuk komoditas, tetapi turunan dari komoditas itu. Misalnya untuk minyak, adakah provider yang menyediakan hedging untuk subsidi BBM pada suatu negara. Pengalaman di HF atau negara lain misalnya?
    2. Boleh minta tolong direkomendasikan buku-buku teori dan panduan dalam melakukan hedging yang biasa di pakai di dunia Internasional.

    matur nuwun mas,

  15. anis puspita sari berkata:

    bleh tw g siapa aj sich pelaku hedgefund itu?

  16. boe™ >>aka berkata:

    Maaf mas mbak bukannya mo tanya soal bisnis ato apapun yang berkaitan tentang dunia pasar modal…………..>_<

    Cuma mo nanya nih dah nyampe mana yak perasaan dah nyasar jaoh banget eh ketemu orang klirong juga di mari wakakakak maap mas kalo dah lancang ngasih koment……..

    tapi blognya bagus banget dah lebih bagus lagi join di forum kami forum anak kebumen😀 di tunggu yak he he he.

    Yang minta adik sepupu harus mampir dong di http://www.boements.heavenforum.com di tunggu piss……………….

  17. tika berkata:

    mas, hedge fund di indo uda ada blm? trus pemerintah bisa ga sih make hedge fund sbg salah satu bntuk investasinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s