Peta Pasar Saham

Apakah dana mengalir keluar ataupun masuk pasar saham? Ke sektor mana dan dari sektor manakah dana mengalir di dalam pasar saham? Dua pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sebagian dari kita ingin tahu jawabannya.

Tentu tidak mudah menjawab kedua pertanyaan di atas. Kebanyakan dari kita hanya melihat perubahan nilai berbagai indeks seperti DJIA, SP500, Nasdaq Composite, IHSG, dll. Kita perlu tahu lebih detail dari itu. Berbagai indeks tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh sedikit saham berkapitalisasi besar seperti Exxon Mobil dan General Electric di SP500 ataupun PT Telkom di pasar IHSG.

Ketika dana keluar/masuk ke pasar saham, belum tentu dana itu akan mengalir dari/ke saham-saham berkapitalisasi besar untuk membuat efeknya ke indeks terasa. Pada prinsipnya, semakin banyak saham-saham yang tergerak, semakin meyakinkan pula pergerakan dana keluar/masuk pasar saham.

Ketika dana mengalir dari beberapa sektor ke sektor-sektor lainnya, terkadang hal itu tidak bisa dilihat dari berbagai indeks yang saya sebutkan tadi. Salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan membandingkan berbagai indeks sektor seperti di sini.

Ada teknik lain untuk mendapatkan ide dalam rangka menjawab kedua pertanyaan di atas: melihat peta saham. Finviz memberikan salah satu implementasi peta saham secara cuma-cuma.

Peta di atas menunjukkan keadaan pasar saham AS per 11 April selama satu pekan terakhir. Anda bisa mengganti durasi pengamatan dari 1 hari, 1 pekan, 1 bulan, sampai 1 tahun.

Dengan melihat peta ini, secara sekilas kita bisa dengan cepat melihat apa yang sedang terjadi terhadap pasar saham secara keseluruhan.

Khusus untuk peta saat ini, terlihat bahwa sektor basic materials adalah sektor paling kuat selama 1 pekan terakhir. Untuk sektor-sektor yang lain, pasar masih lemah walaupun sebagian saham yang kuat di sektor-sektor tersebut sudah mulai menunjukkan dirinya seperti terlihat dari warna hijau yang muncul secara sporadik di berbagai tempat.

Berikut adalah peta pergerakan 1 hari ini sampai dengan pukul 2:30 siang. Perhatikan lautan merah hari ini.

Peta saham hanya memberikan ide untuk menjawab kedua pertanyaan di atas. Memiliki ide masih lebih bagus daripada tidak tahu sama sekali, apalagi gratis!

Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di Assets Selection, Market Timing. Tandai permalink.

13 Balasan ke Peta Pasar Saham

  1. edratna berkata:

    Bahar,
    Ternyata dimanapun, kita harus mengamati dan mengelola portfolio ya (Loan Portfolio Management). Jika kita bekerja di perbankan, berguna untuk melihat kearah mana sebaiknya ekspansi dilakukan… peta tadi dibedakan bermacam-macam, bisa dari ratingnya (yang umumnya merupakan nilai akhir dari perhitungan risiko finansial dan non finansial), dari daerahnya/regionalnya dsb nya.

    Gara-gara mobil harus klaim asuransi, saya juga belajar dan diskusi dengan staf marketing asuransi…akhirnya kesimpulan saya, merekapun harus mengelola portfolionya berdasar risiko.

    Mengamati peta saham di Indonesia (belum lihat mappingnya sih, tapi bisa diperkirakan dari pergerakan sahamnya)…walau rata-rata perbankan membukukan keuntungan dan membagikan dividen, tapi harganya merosot turun. Apa boleh buat, jadi ingat obrolan kita…sebaiknya pikirkan jangka panjang…. karena suatu ketika (entah setahun atau 2 tahun lagi), maka pergerakan saham akan kembali seperti semula.

  2. ihedge berkata:

    betul bu, peta merupakan salah satu alat cukup bermanfaat untuk mengarahkan ke arah mana sebaiknya “ekspansi” dilakukan. saya rasa ini berlaku untuk semua jenis usaha.

    Saham perbankan di Indonesia memang termasuk underperforming teman-temannya di sektor komoditas baik itu energi, logam, maupun pertanian. Saya rasa erat kaitannya dengan permintaan global akan produk-produk dasar tersebut.

    Di lain pihak prospek penurunan suku bunga menjadi kecil karena inflasi yang cukup tinggi.

    Belum lagi pasar obligasi Jakarta akhir2 ini sepertinya kurang baik dan mungkin mempengaruhi beberapa bank.

  3. Mas Bahar,
    Itu baca petanya gimana yah? Hehe… maapkan ketidaktauan saya. Block2 terkecil menggambarkan kesatuan apa? Yang selama ini saya mengerti (mohon diajarin), belum tentu dana yang keluar dari sektor di pasar saham, dimasukkan ke sektor lain di pasar saham juga. Bisa saja dimasukkan ke pasar komoditas. Seperti pasar saham kita yg lagi tak menentu dan pernah menunjukkan penurunan volume yg signifikan, katanya sih karena investor pada lari ke komoditas. Sok tau banget saya yah :p

    @Bu Edratna,
    Bu, mudah-mudahan pasar saham kita cepat pulihnya yah. Saya termasuk yang mengalami akibatnya nih. Mau cut loss tp trus bingung dananya mo diinvest kemana biar ruginya bisa ketutup. Mo invest balik ke saham yg lagi jatuh, takut jg ntar ga naik2. Ya udah, spt kata ibu, pikirkan jangka panjang (untuk menghibur diri hehe :p )

  4. Poltak Hotradero berkata:

    Sektor perbankan melorot karena sektor tersebut sangat sensitif terhadap suku bunga. Dan kita tahu bahwa suku bunga (dan harga bond) sangat sensitif terhadap inflasi.

    Nah melihat tingkat inflasi kita yang sekarang ini – ada alasan jelas mengapa sektor perbankan menjadi beresiko – dan mengapa bursa saham kita jeblok.

    inflasi itu musuhnya investasi.

  5. infoGue berkata:

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/peta_pasar_saham/

  6. anymatters berkata:

    thanks link finviz.com nya.

  7. BREAKTHROUGH berkata:

    iya mas bahar, ajarin donk cara baca finviznya… bingung gmana cara makenya buat baca kondisi sektor… itu klo g keberatan…

  8. janti yustinus banjar nahor berkata:

    website atau buku apa yang harus saya pelajari ut belajar options…? trims

  9. Aldo Lainson berkata:

    love the blog..i’m SO thrilled that you have a place to share your passion with all of us.

  10. positif thinking berkata:

    Hanay 2 cara yg wajig menjadi bekal pelaku pasar saham, vallas, ataupun komodities, yaitu jangka panjang ataupun jangka pendek, ,jika opsi salah satunya kita pilih, maka kita harus mempersiapkan formula nya pula.

  11. toba703 berkata:

    Lambat laun pasar modal bisa menjadi hantuyang menakutkan bagi pemula yg belum cukup matang utk bertarung di dunia pasar modal, setidaknya membutuhkan jam terbang sedikitnya 5 thn:))

  12. alhamadulillaah, setelah 5 tahun saya menjadi lebih terarah ke pada satu tujuan yaitu pasar modal dan vallas.

  13. post production berkata:

    Hi! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone 4. I’m
    trying to find a theme or plugin that might
    be able to correct this issue. If you have any recommendations, please share.
    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s