Hedge Funds Sumber Masalah?

“Pertanyaan saya adalah apakah hedge funds itu baik untuk ekonomi suatu negara atau ekonomi dunia secara keseluruhan?

Saya melihat sisi positif dari keberadaan hedge funds adalah membantu meningkatkan efisiensi karena menghilangkan mispricing di pasar, disamping memperkaya investors dan fund managers-nya tentunya. Tp koq sepertinya ada hal2 negatif yg muncul dari keberadaannya, misalnya bubbles di real estates dan, kemungkinan, di komoditas. Mungkin bukan sepenuhnya salah hedge funds, tp nature-nya yg sangat spekulatif dan ditambah dengan leverage yg umumnya berlipat ganda, sepertinya hedge funds turut berperan menciptakan bubbles tersebut. Masalahnya dampak dari bubbles tersebut dirasakan oleh banyak orang.

Kembali ke pertanyaan saya, apakah keberadaan hedge funds membantu meningkatkan GDP (i.e. kemakmuran) suatu negara? Akankah lebih baik jika dana kelolaan yg sangat besar tersebut diinvestasikan ke real sectors sehingga bs membantu perekonomian?”

Hedge funds adalah salah satu bagian dari asset management industry yang terdiri dari mutual funds, private equity funds, hedge funds, dll. Hedge funds lebih aktif dalam mencari investment opportunities.

Asset management industry memiliki fungsi krusial dalam penyaluran dana publik ke investasi yang produktif melalui transaksi di pasar sekunder.

Aktivitas mereka memiliki peran penting dalam sistem pasar modal. Mereka memfasilitasi price discovery dan memberikan sinyal-sinyal pasar ke society yang sejalan dengan motif mereka yang profit oriented. Motif ini, tentu saja sama dengan motif semua industri di sistem ekonomi kapitalisme.

Dengan resources yang mereka miliki, mereka memiliki kapasitas untuk menggali informasi tentang keadaan pasar yang sesungguhnya. Asset yang busuk cepat atau lambat akan segera mereka temukan, dan harga akan segera turun dengan aktivitas fund2 ini.

Karena hedge fund termasuk fund yang paling aktif dan memiliki resources yang cukup baik, mereka biasanya yang bisa menggali info2 tersebut dan act accordingly.

Karena aktivitas mereka ini, hedge funds sering dikambinghitamkan sebagai penyebab krisis. Sumber dari krisis bukanlah hedge fund. Masalahnya sudah ada karena mis-management ataupun karena over-investment di suatu sector.

Fund2 ini berperan dalam menggali informasi tentang ketidak optimalan alokasi modal tersebut. Dengan adanya rebalancing dari aset prices  yang mungkin dimulai dari fund2 ini, necessary adjustment di pasar bakal akan segera dimulai. Bayangkan saja, bahwa hal itu sebagai pil pahit yang perlu ditelan supaya kita bisa segara sehat lagi.

Jadi, sebagai industri, hedge funds memiliki peran yang bermanfaat bagi ekonomi secara keseluruhan, over time.

Tentu saja, ada jeruk busuk dalam industri hedge fund, sebagaimana ada di industri lainnya. Misalnya kasus Madoff kemaren. Tapi saya bisa tunjukkan bahwa mayoritas hedge funds yang benar2 menjalankan fungsinya dengan jujur (bukan mengelabui nasabah).

Bubbles bukan karena hedge fund. Bubbles sudah ada sejak paling tidak ratusan tahun yang lalu. Bubbles timbul ketika publik mulai berpikir bahwa melipatgandakan uang adalah mudah di pasar modal ataupun pasat aset lainnya. Dan mereka memasukkan sebagian besar savingsnya ke aset2 tersebut. Hedge fund sendiri baru muncul beberapa dekade yang lalu.

“tp nature-nya yg sangat spekulatif dan ditambah dengan leverage yg umumnya berlipat ganda, sepertinya hedge funds turut berperan menciptakan bubbles tersebut”

  • Nature hedge fund tidak selalu spekulatif. Komunitas hedge funds sangat heterogen, dari mereka yang mencari directional bets (seperti global macro funds) maka spekulatif sampai yang mencari dan menghilangkan mispricings (seperti arbitrage funds) maka tidak spekulatif. Saya rasa hedge funds yang spekulatif tidak lebih besar daripada yang tidak spekulatif.
  • Tidak semua hedge funds menerapkan leverage. Yang sering kita lihat di media adalah hedge funds yang leverage-nya besar dan salah sehingga mesti gulung tikar dan masuk koran.

Disclaimer: penulis bekerja di sebuah hedge fund.

Pos ini dipublikasikan di HEDGE FUNDS, TANYA KEMBALI. Tandai permalink.

8 Balasan ke Hedge Funds Sumber Masalah?

  1. edratna berkata:

    Hahaha….orang awam melihat Bank, hedge fund dalam dua pandangan. Dibutuhkan, tapi kalau ada masalah tak mau ikut menanggung risiko, dan Bank atau lembaga keuangan (termasuk hedge funds) yang disalahkan. Alasannya adalah, saat itu tak dijelaskan kemungkinan risikonya….(mungkin perlu direkam ya).

    Investasi dalam bentuk apapun, selalu ada risiko….bahkan investasi yang paling konservatif, seperti menginvestasikan uang dalam bentuk tabungan dan deposito. Jika inflasi tinggi, maka sebetulnya nilai uang menurun dibanding uang semula. Hedge funds sebetulnya karena keahliannya, bisa membantu menanamkan dalam investasi yang menguntungkan, tapi juga melihat dari profil risiko pemilik dana, apakah konservatif, berani ambil risiko atau apa.

    Ehh lihat blogku, ada pertanyaan kang Yari, mau saya jawab, nanti malah muncul polemik. Sulit menjelaskan secara awam tentang Investment Banking, Corporate banking, Ritel Banking dll….apalagi di Indonesia yang namanya corporate loan baru dari kreditnya saja yang besar, industrinya belum kompleks seperti di LN. Bahar beri masukan ya.

    • champul berkata:

      Saya senang dengan pendapat anda kalau ada masalah tak mau ikut menanggung resiko,maka dari itu kita minta agar adanya perubahan jangan jadi bersifat pecundang,ada masalah tidak mau ikut campur di mana keadaan baik dia senang.

  2. Irwan Yusriadi berkata:

    He..he.. Makasih Bang atas penjelasannya..
    Sekarang jadi jelas banget..
    Ga kabur lagi 🙂

  3. jokol berkata:

    Halo, penjelasannya koq kayaknya buat illiquid assets (mispricing, etc2). Bagaimana penjelasan mengenai hedge fund yg cuma memanage liquid asset. Pertanyaannya, kenapa hedge fund bisa bereaksi lebih cepat drpd pasar dalam kasus ini, karena mnrt saya informasi yang didapat toh sama2 saja, selain dr insider information?

    Menurut saya hedge fund itu 100 % spekulatif, convertible arbitrage pun ada unsur spekulasinya. masih ingat LTCM? Arbitrage disini kan bukan risk free arbitrage. If the spread widen against expectation, with leverage the hedge fund would naturally went bust.

    Sama tolong jelaskan peranan MAS dalam memanage hedge-fund2 di spore. Apa insentif mereka dalam hal ini?

    Thanks beforehand

  4. anymatters berkata:

    malah dari sisi private equity, hedge funds mendukung pembangunan daerah & nasional… bayangkan mis usaha transportasi di jakarta dikembangkan via private equity. pasti bisa lebih lancar, termanaj dgn baik dan profesional. ketimbang bisnis angkot lokalan (metro,mikrolet, dll) yg messy.

  5. Investasi berkata:

    tambah ilmu lagi makasih ya atas informasinya , lam kenal ya

  6. Assalamualaikum wr wb………
    Salam kenal nama saya Arif makasih ya mas tutorilanya moga saya mudeng mbacanya kalo gak ya entar tanya ma orangnya langsng OK…………wakakakak

  7. hp advan berkata:

    bagus juga artikelnya nihhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s